Wednesday, October 1, 2014

Membuat Rumah Murah Tetap Nyaman



RUMAH NYAMAN HEMAT BIAYA

Setiap orang , pasti ingin memiliki hunian yang nyaman , aman,  memiliki segala kemudahan akses namun diharapkan dengan biaya sekecil mungkin.
Sehubungan dengan hal tersebut maka akan muncul pertanyaan, Bagaimana cara membuat rumah murah, tapi tetap dengan kualitas bangunan yang baik.
Sebagai permulaan, berikut ini ada bebarapa cara dalam membangun sebuah hunian yang murah dan dapat berguna dalam merencanakan dan membangun rumah idaman setiap keluarga




Membangun rumah nyaman dengan biaya murah :
  1. Lokasi yang strategis dengan akses transportasi yang mudah , tentu akan membuat biaya yang dikeluarkan akan semakin murah juga, tapi sebaliknya.. membangun rumah di daerah yang jauh dan sulit untuk pendatangan material bangunanya tentu akan dapat menyebabkan kegiatan membangun rumah menjadi lebih mahal.
  2. Menggunakan material dengan harga murah, namun tetap menghasilkan mutu bangunan yang maksimal, selalau membandingkan beberapa pilihan material yang dapat digunakan pada setiap sudut bangunan rumah demi mendapatkan biaya bangun rumah yang murah.
  3. Pertimbangkan juga musim dan cuaca . Membangun pada saat yang tepat dapat meminimalkan biaya untuk membuat suatu bangunan, misalnya pada hari raya atau libur nasional terkadang ditemui harga material atau harga tenaga bangunan yang lebih mahal dari harga normal. Membangun saat musim penghujan juga akan berdampak pada proses pembangunan yang tidak maksimal. Hal ini tentu akan menaikan biaya yang harus disediakan untuk membangun hunian yang direncanakan ekonomis.
  4. Rencanakan desain rumah semaximal mungkin untuk menghemat hal yang dapat meminimkan biaya membuat rumah, seperti bentuk detail rumah, pengaturan ruangan, sirkulasi udara, pencahayaan, penggunaan material, penentuan ukuran rumah dan pertimangan lainnya.
  5. Membuat gambar kerja desain rumah sedetail mungkin sebelum membangun rumah, hal ini sangat penting untuk menghemat waktu sebagai panduan pelaksana / tukang dalam proses pengerjaan, sehingga kegiatan pembangunan akan lebih lancar, selain itu pembuatan gambar kerja yang baik juga berguna untuk menghindari pekerjaan bongkar pasang akibat bentuk rumah yang kurang perhitungan dan belum sesuai selera , karena bentuk rumah yang kurang sesuai sebenarnya dapat dilakukan perubahan saat membuat gambar rumah.
  6. Memilih pelaksana bangunan atau pemborong profesional yang berpengalaman dibidangnya, tentu dapat akan lebih menghemat waktu maupun biaya pembuatan rumah karena sudah memiliki pekerja yang sudah melalui seleksi dan memiliki pengalaman yang cukup dalam membuat / mendirikan bangunan.
  7. Merencanakan desain rumah dengan ukuran sekecil mungkin tapi dengan fungsi yang semaksimal mungkin, seperti pengaturan ruangan yang simpel, efisien dan tepat, serta pemilihan tema arsitektur minimalis tapi memberikan kenyamanan dan kesan yang positif bagi orang yang menempatinya, hal ini sangat mendukung dalam mewujudkan impian anda untuk membangun rumah murah tapi bagus.
  8. Tertib administrasi. Tidak sedikit orang membuat sebuah rumah tinggal , tanpa melengkapi atau memenuhi persyaratan administrasi sebagai persyaratan legalnya sebuah rumah tinggal, padahal resiko yang ditimbulkan akan sangat fatal. Sebagai contoh IMB ( Ijin Mendirikan Bangunan ) banyak orang yang menyepelekan surat ini, tidak sedikit bangunan yang dibongkar oleh petugas karena mengabaikan ijin ini, jika terjadi seperti ini otomatis biaya yang anda sudah keluarkan akan terbuang sia sia apalagi di kota kota besar seperti jakarta.
  9. Akan lebih hemat jika anda merencanakan rumah tumbuh, jadi suatu saat nanti anda akan melakukan renovasi / pengembangan akan rumah tersebut, anda tidak terlalu banyak melakukan pembongkaran.
  10. Masih banyak lagi ide dan pengalaman untuk mewujudkan impian anda untuk memiliki hunian dengan biaya yang seminimal mungkin tapi mampu mendapatkan kenyamanan yang maksimal , jangan segan untuk konsultasi kepada orang yang anda anggap lebih berpengalaman dari anda sendiri ... Selamat mencoba.

No comments:

SURAT AL KAHFI (LATIN DAN TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA)

Surat Al Kahfi بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ ع...