Monday, November 3, 2014

Prosedur pelayanan yang ditetapkan BPJS Kesehatan

PROSEDUR PELAYANAN BPJS
Bagi peserta yang sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan berhak mendapatkan seluruh fasilitas yang disediakan oleh BPJS Kesehatan dengan catatan mentaati prosedur / peraturan yang sudah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan, seperti apa prosedur tersebut...?  Kali ini kita bahas masalah prosedur pelayanan BPJS Kesehatan:



1.    Seluruh Peserta harus memperoleh atau mendapatkan pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan ( Fas Kes ) di tingkat pertama.

2.    Jika waktu Peserta berobat dan oleh pihak puskesmas atau klinik tingkat pertama menilai bahwa anda perlu untuk dilakukan pemeriksaan ke tingkat lanjutan , maka anda akan mendapatkan surat rujukan dari  fasilitas kesehatan ( faskes ) tingkat pertama tersebut dan dengan surat rujukan tersebut anda bisa mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut di fasilitas kesehatan lanjutan , biasanya ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS , dengan surat rujukan ini biaya anda berobat tetap di tanggung oleh BPJS , Berobat di rumah sakit bisa juga dilakukan dengan BPJS tanpa surat rujukan jika dalam kondisi gawat darurat medis.

Banyak terjadi pengaduan oleh para peserta BPJS permasalahan seperti ini :
"Kami sudah membayar BPJS setiap bulan , tetapi kenapa saat berobat di rumah sakit harus tetap harus membayar sendiri...? tidak ada gunanya dong kami membayar premi setiap bulan... "

Kejadian seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap peserta mengetahui prosedur yang sudah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan. Setiap fasilitas selalu memiliki petunjuk penggunaan masing masing, bisa diibaratkan saat kita membeli sebuah mesin cuci, tentu ada buku petunjuk pemakaiannya dan jika kita tidak mengikuti petunjuk yang sudah diberikan apa yang akan terjadi...? mungkin mesin tersebut akan cepat rusak atau bahkan tidak bisa digunakan. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan mengikuti prosedur pemakaian tidak terbatas itu bpjs , elektronik , otomotif dan apapun yang sekiranya itu baru buat diri kita. 

Semoga Bermanfaat .
Salam >>>

No comments:

SURAT AL KAHFI (LATIN DAN TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA)

Surat Al Kahfi بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ ع...