Wednesday, March 4, 2015

Membuat Mesin Poles Batu Manual ( Hemat Biaya )

Membuat Mesin poles batu akik dengan biaya yang sangat murah
Di masa sekarang ini banyak orang yang menggandrungi batu akik dari mulai batu bacan , pancawarna , giok , klawing , sungai dareh dan bermacam macam jenis batu yang masing masing mempunyai pesona dan ciri khas masing masing . Dan dengan banyaknya varian yang beredar di pasaran secara otomatis membuat tidak sedikit pedagang batu yang menjualnya masih berbentuk bahan atau masih mentah berwujud batu dari alam.


Di pinggiran jalan rawa bening jakarta timur misalnya , atau di bawah Fly over kranji , disetiap sore hari bisa kita jumpai kerumunan orang yang sedang memilih bahan atau batu yang masih utuh belum berbentuk akik ataupun liontin. dari pendapat beberapa orang yang kami jumpai banyak alasan kenapa mereka membeli batu yang masih bahan selain lebih murah , dengan membuat sendiri mereka bisa mendapatkan kepuasan tersendiri. Sehubungan dengan hal tersebut , untuk bisa membuat membentuk sendiri batu akik atau lointin memerlukan mesin khusus atau biasa disebut mesin poles batu. Mesin ini bisa diperoleh dengan membeli yang sudah jadi atau tidak sedikit juga orang yang mencoba merakitnya sendiri. Tergantung dari kemampuan masing masing ingin beli jadi ataukah merakit sendiri. Akan lebih praktis kalau membeli yang sudah jadi atau siap pakai , tapi harga yang cukup tinggi menjadi konsekwensinya.
Bagi sebagian orang memilih membuatnya sendiri , tapi tunggu dulu membuat sendiri belum tentu dijamin murah.... karena sperpart untuk dirangkai menjadi sebuah mesin poles juga ada beberapa item yang harus dibeli.

Di daerah swadaya 5 Duren sawit jakarta timur , muncul ide kreatif membuat mesin poles batu dengan harga yang sangat murah... Mesin ini dibuat hanya dengan biaya yang sangat minim namun bisa menghasilkan batu akik sempurna seperti menggunakan mesin poles yang harganya berjuta juta.

Berikut Trik iritnya :
1. Motor penggerak menggunakan motor bekas mesin cuci yang sudah rusak, motor mesin cuci bekas tersebut dibeli seharga Rp 80.000,00 dari tukang barang bekas. Dengan memanfaatkan mesin cuci bekas kita sudah mendapatkan Tali Fanbell dan sepasang Polly sebagai penerus putaran.
2. AS gerinda menggunakan as sepeda motor , kenapa memilih as sepeda Motor....? dengan menggunakan as ini akan lebih mudah mendapatkan bearing karena jika kita membuat as sendiri kita harus ke tukang bubut untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan bearing yang tersedia di toko , hemat biaya bubut. Apalagi jika kita membeli as yang sudah jadi, biasanya as yang disediakan untuk mesin poles batu paling murah seharga Rp 450.000,00 jika membeli as motor ditambah 2 bearing hanya dengan Rp 70.000,-
3. Membeli Batu Gerinda seharga Rp 85.000,-
4. Biaya baut tambahan dan paku Rp 24.000,-
5. Kertas amplas untuk finishing. Rp 10.000,-

Dengan kreatifitas beberapa komponen tersebut dirakit menjadi sebuah mesin poles yang bisa menghasilkan batu akik tidak kalah kualitasnya dengan mesin yang mahal, sangat tergantung dengan operatornya.
Trik di atas bisa anda praktekkan , untuk membuat mesin poles batu dengan biaya yang sangat hemat kurang lebih hanya dengan dana sekitar Rp 300.000,- apalagi jika anda sudah memiliki sebagian komponen , otomatis akan lebih hemat lagi.
Selamat mencoba....
Salam 

No comments:

SURAT AL KAHFI (LATIN DAN TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA)

Surat Al Kahfi بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ ع...