Wednesday, March 4, 2015

Bacan Obi Serat Kura

Batu Bacan Obi dan Doko
Batu yang sedang digandrungi bagaikan emas sedang menjadi primadona bagi para penggila batu cincin.

Batu jenis inilah yang sangat berharga ibarat emas , tidak sedikit juga para pedagang yang mendapatkan keuntungan berlipat lipat karena batu ini. Keunikan dari jenis batu ini sangat luar bisa sehingga banyak orang yang terpesona dengan pesonanya.
Sesuai dengan namanya ... Dinamakan batu Bacan karena berasal dari Pulau Bacan yang terletak di Maluku lebih tepatnya berada di sebelah barat daya pulau Halmahera . Kalau dilihat secara administratif pulau bacan ini masuk dalam wilayah pemerintahan Propinsi Maluku Utara. Dengan terkenalnya batu dari pulau ini sehingga membuat pemerintah setempat mengeluarkan peraturan untuk melindungi kekayaan alamnya , supaya tetap lestari dan tidak muncul dampak negatif karena aktifitas penambangan batu yang kurang mempedulikan keseimbangan alam.
Sedangkan jenis yang lainya, yang biasa disebut Batu Bacan obi ... jenis ini juga berasal dari sebuah pulau kecil yang berada di sebelah selatan pulau Halmahera , juga masih berada di kepulauan Maluku. Bacan Obi yang berwana putih bening ini juga tidak kalah digandrungi oleh para kolektor batu seperti halnya si hijau Bacan .
Tidak sedikit para pejabat tinggi yang menggunakan batu jenis ini untuk memperindah jari mereka , bahkan banyak diantara mereka yang rela mengeluarkan uang dengan jumlah fantastis , hanya demi mendapatkan batu jenis ini , hal seperti inilah yang membuat nilai batu bacan semakin naik dan langka.
Di seluruh pelosok sangat banyak orang yang berlomba lomba memburu batu seperti ini bahkan di kota besar seperti halnya yang terjadi di Jakarta Timur terdapat pasar / central penjualan batu akik / Batu Mulia yang katanya merupakan Pasar Batu Akik terbesar se Asia ... Pasar ini sudah terkenal dengan nama Pasar Rawa Bening. Untuk letaknya pasar ini berhadap hadapan dengan Stasiun kereta api Jatinegara , yang berarti sangat mudah dijangkau meskipun dari luar kota dengan sarana Kereta Api.
Mungkin sekian dulu artikel kami tentang Gamstoone di Indonesia , sampai ketemu di artikel kami yang lain.

Salam   

No comments:

SURAT AL KAHFI (LATIN DAN TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA)

Surat Al Kahfi بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ ع...