Thursday, October 2, 2014

Rumah Sehat Hemat Energi

Membangun Rumah Hemat Energi

Dalam membangun sebuah rumah tinggal hendaknya direncanakan untuk jangka panjang , karena rumah merupakan tempat kita untuk segala aktifitas bersama keluarga tercinta. 
Sehubungan dengan hal tersebut sangat penting untuk bisa mewujudkan sebuah hunian yang nyaman , sehat, hemat energi dan biaya ada beberapa faktor yang harus diperhatikan , yaitu :



1. Lokasi Tanah / Rumah.
             Mengapa lokasi rumah sangat penting untuk dipertimbangkan...? 
Membangun rumah di daerah yang jauh dari pasar , sekolah, perkantoran , klinik dan fasilitas sosial   
lainya akan berpengaruh pada besarnya biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap harinya. 
Sebagai contoh , membangun hunian yang jauh dari pertokoan / pasar, setiap hari seorang ibu rumah  tangga harus mengeluarkan sejumlah biaya transportasi untuk bisa mencapai pasar membeli keperluan dapur. 

2. Perhatikan Letak / Posisi rumah
            Intensitas cahaya matahari sangat penting untuk penerangan dan kesehatan suatu rumah tinggal, tapi bangunan yang menghadap timur dan barat, cahaya matahari yang masuk akan berlebihan dan mengakibatkan di dalam rumah menjadi panas dan membuat ketergantungan dengan pendingin ruangan otomatis biaya tagihan listrik akan lebih besar. Bia diatasi dengan "window blind" atau dengan menanam pohon perindang.

3. Pengaturan Ruangan.

           Dalam mengatur ruangan anda bisa juga memaksimalkan arah utara dan selatan, hal ini bertujuan untuk menghindari intensitas cahaya matahari langsung yang masuk ke dalam rumah , yang mengakibatkan ruangan menjadi panas. 

4. Menggunakan material yang minim perawatan.
           Penggunaan material yang memerlukan perawatan extra , otomatis akan mengakibatkan tambahan untuk biaya perawatan setiap tahunnya, hal seperti ini juga salah satu faktor pendukung membengkaknya biaya operasional dari suatu bangunan/ rumah tinggal.

5. Menggunakan Ventilasi yang cukup.
          Dalam merencanakan rumah yang nyaman , sehat dan hemat energi harus memperhitungkan juga pengaturan ventilasi udara. 
Ventilasi udara yang cukup akan membuat sirkulasi udara yang sempurna yang mengakibatkan rumah menjadi lebih sejuk dan sehat, penggunaan pendingin ruangan dan penerangan bisa ditekan sekecil mungkin.

6. Pintar Memilih Peralatan Elektronik.
           Yang tidak kalah penting juga dari hal diatas, kita juga harus pintar dalam menggunakan barang barang yang berhubungan dengan listrik. Usahakan untuk menggunakan peralatan yang hemat energi , dengantujuan lebih menghemat pembayaran tagihan listrik.

Demikian beberapa tips yang harus diperhatikan saat merencanakan rumah tinggal yang sehat, nyaman dan juga hemat . Semoga bermanfaat...

No comments:

SURAT AL KAHFI (LATIN DAN TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA)

Surat Al Kahfi بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ ع...