Friday, November 21, 2014

BKT Wisata dan Lahan Bisnis Baru di Jakarta Timur


Banjir Kanal Timur, Lapak Bisnis Baru Orang Jakarta
Berita Jakarta - BKT dibangun sepanjang 235 kilometer mulai dari cipinang indah sampai ke laut marunda  di Jakarta Utara.
Dengan dibangunnya Banjir Kanal Timur (BKT) ternyata tidak semata mata hanya berfungsi sebagai saluran air penangkal banjir saja. Khususnya di daerah jl Basuki Rahmat Duren Sawit yang termasuk wilayah Jakarta Timur.

BKT ini sebenarnya direncanakan sebagai Kawasan serapan dan penampungan air yang sengaja terencana dibangun oleh pemerintah DKI Jakarta, banyaknya keluhan warga yang selalu terendam banjir saat musim hujan sehingga memunculkan gagasan untuk membuat saluran ini sebagai solusinya. Saluran penampung banjir buatan yang memiliki panjang sekitar 23,5 km dan luas 207 kilometer persegi ini, saluran ini berfungsi untuk menampung luapan air banjir dari Kali Ciliwung, Kali Jati Kramat, Kali Sunter, Kali Cipinang, Kali Buaran,  dan juga Kali Cakung untuk selanjutnya disalurkan ke laut marunda.

Kanal yang tujuan utamanya untuk mengatasi banjir ini  juga dibangun dua buah lajur jalan di kanan dan kirinya  hal ini membuat banyak pengguna jalan menggunakan jalan ini sebagai langkah pilihan agar terhindar dari kemacetan di jalan basuki rahmat yang sering macet pada jam jam sibuk. Hal ini membuat daya tarik bagi pengguna jalan untuk berhenti sejenak  untuk melepas lelah sebelum kembali melanjutkan perjalanan kembali dan tidak sedikit juga yang sengaja datang sekedar melepas kepenatan di BKT ini. Di sebagian tempat BKT ini juga sengaja dibangun sarana bermain bagi anak anak yang menambah daya tarik tersendiri.

Seiring berjalannya waktu Banjir Kanal Timur ini justru menjelma menjadi lahan baru sebagai tempat rekreasi dan juga lahan bisnis yang ramai dikunjungi warga sekitar bahkan ada juga yang datang dari luar Jakarta Timur.

Dengan banyaknya orang yang mengunjungi tempat ini membuat sebagian orang tertarik untuk menjajakan dagangan di tempat ini. Setiap menjelang sore hari selalu ramai dengan pedagang yang menjajakan bebagai macam dagangan mereka mulai dari makanan ringan sampai promosi dari pengusaha otomotif . Bahkan setiap malam kamis para pedagang aktif mengadakan pasar malam di area ini .
Dari pernyataan beberapa pedagang yang saya jumpai mereka mengaku dengan berjualan di BKT ini membuat dagangan mereka menjadi laku / laris manis dan mereka bisa mendapatkan keuntungan.
Selain pedagang kaki lima dan mainan anak anak  masih banyak lagi area BKT yang menjadi lahan berbagai macam bisnis . 

Bersambung>>>

No comments:

SURAT AL KAHFI (LATIN DAN TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA)

Surat Al Kahfi بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ ع...