Tuesday, October 7, 2014

Berobat ke Rumah Sakit dengan BPJS






Untuk menggunakan menggunakan fasilitas BPJS kesehatan untuk berobat di Rumah Sakit peserta harus mendapatkan surat rujukan dari klinik atau puskesmas yang sudah ditunjuk dan tertera di kartu kepesertaan. Jika memang anda dinilai perlu dilakukan pengobatan di rumah sakit makapihak klinik akan memberikan surat rujukan ke Rumah Sakit, jadi tanpa surat rujukan dari klinik anda beroat ke ruamh sakit , sudah pasti anda tidak mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh BPJS dan sebagai konsekwensinya BPJS tidak mempunyai kewajiban untuk menanggung pengobatan anda . Perkembangan saat ini telah banyak rumah sakit negari maupun swasta yang bekerjasama dengan BPJS. Sehingga pasien bebas menentukan untuk dirujuk ke rumah sakit dipilih.

Juika berobat  rawat jalan, pasien harus menyiapkan beberapa syarat untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan BPJS antara lain:
       1.      fotocopy kartu keluarga 1 lembar,
       2.      foto copy KTP 1 lembar,
       3.      fotocopy kartu BPJS 1 lembar,
       4.      fotocopy surat rujukan 1 lembar,
       5.      Kartu BPJS asli.
Sebaiknya peserta telah menyiapkan berkas-berkas tersebut sebelum melakukan periksa di Rumah Sakit agar lebih mudah.

Banyak orang yang berpendapat, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan menggunakan BPJS harus sabar mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Sangat berbeda dengan pasien umum, mereka bisa langsung dilayani tanpa mengantri panjang di pos BPJS.
Terkecuali ntuk kondisi darurat. Pasien BPJS dapat langsung menuju Rumah Sakit dan  segera ditangani oleh tenaga medis. Tanpa harus memakai surat rujukan dari klinik kesehatan tingkat pertama yang ditunjuk.
Bagi pasien rawat jalan, biaya yang ditanggungadalah periksa dokter dan obat-obatan yang terdaftar dalam BPJS secara gratis dan jika harus menggunakan obat yang masuk dalam tanggungan BPJS, pasien akan dikenakan biaya untuk membayar obat tersebut atau pihak dokter akan meminta anda untuk membeli sendiri.
Dengan menggunakan BPJS kesehatan masyarakat bisa mendapatkan banyak manfaat dalam hal layanan kesehatan di Klinik , puskesmas ataupun Rumah Sakit.

No comments:

SURAT AL KAHFI (LATIN DAN TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA)

Surat Al Kahfi بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ ع...