Thursday, November 20, 2014

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar

Kartu Sakti ~ Kartu Indonesia Sejahtera
Pada hari Senin, tanggal 3 November 2014 kemarin, Presiden Republik Indonesia Jokowidodo telah meluncurkan program pertamanya yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS) , Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ,  dan juga Kartu Indonesia Pintar (KIP).
Dengan diluncurkannya ketiga kartu ini diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat Indonesia khususnya untuk masyarakat golongan yang kurang mampu.

" Bagaimana cara mendapatkan Kartu Indonesia Sehat itu ...? "

Untuk sosialisasi tahap pertama , yang berhak untuk mendapatkan fasilitas ketiga kartu sakti tersebut adalah masyarakat yang sudah memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

Apakah KPS itu ...?

KPS adalah Kartu Perlindungan Sosial yang diterbitkan semasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ), fungsi dari Kartu KPS ini adalah sebagai " penanda / identitas bagi keluarga atau rumah tangga miskin ".
Di masa sekarang ini, kartu KPS yang sudah diterbitkan tersebut namanya berubah menjadi Kartu Keluarga Sejahtera ( KKS ). Kegunaannya sama yaitu sebagai identitas atau penanda  rumah tangga golongan miskin.
Untuk sementara ini , data peserta yang termasuk golongan rumah tangga miskin ini , masih berdasarkan data yang lama.

Cara mendapatkan KIS :
  1. Anda bisa datang  ke kantor pos yang terdekat dengan tempat tinggal dengan membawa KPS. Jika KPS anda hilang , bisa juga dengan menggunakan identitas yang lainnya dan dilengkapi dengan surat keterangan dari kantor kepala desa atau lurah setempat.
  2. Setelah anda menyerahkan kartu KPS kepada petugas di Kantor Pos. Selanjutnya Petugas akan memeriksa data diri anda di databes . Jika KPS Anda sudah hilang , anda harus lebih bersabar , karena tanpa kartu KPS proses pengecekan data akan memerlukan waktu yang lebih lama.
  3. Sesudah petugas memeriksa data KPS di databes dan dinyatakan sah , selanjutnya petugas akan memberikan :
    a. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)                 
    b. SIM Card uang elektronik                              
    c. Kartu Indonesia Pintar (KIP)                        
    d. Kartu Indonesia Sehat (KIS)                         
 Terkait :

Formulir BPJS
Mencairkan JHT
Biasiswa BPJS
KPR BPJS
Denda BPJS
Pantai Kuta 
Jaminan Kematian

Apa kegunaan dari masing masing kartu tersebut ....?

Dari keempat kartu yang akan anda terima , masing - masing memiliki manfaat yang berbeda dengan keunggulan fasilitas masing masing .
Dengan diluncurkannya kartu tersebut , secara tidak langsung juga akan bermanfaat sebagai perisai bagi masyarakat golongan kurang mampu / golongan miskin dari dampak kebijakan pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak , karena dengan naiknya harga BBM , secara otomatis juga akan memicu kenaikan harga kebutuhan lainnya terutama sembako.

Banyak yang menyebut kartu yang diluncurkan oleh Presiden Jokowidodo ini dengan sebutan Kartu Sakti.
Baca Juga Jaminan Kematian BPJS
Semoga Bermanfaat
Salam >o<

No comments:

SURAT AL KAHFI (LATIN DAN TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA)

Surat Al Kahfi بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ ع...